Toyota Kijang Innova G A/T Gasoline Review

Toyota kembali menghadirkan MPV untuk kelas low, yaitu Toyota Kijang Innova G A/T Gasoline. Tipe yang satu ini menjadi mobil yang paling laris di antara semua seri karena harganya yang murah. Beberapa perubahan atau facelift banyak dilakukan oleh Toyota, terutama dapur pacunya. Di tanah air, Innova G banyak diandalkan sebagai mobil keluarga sekaligus city car menggantikan tipe E.

Spesifikasi Toyota Kijang Innova G A/T Gasoline

Mesin yang digunakan oleh Toyota Kijang Innova ini adalah dual VVT-i dengan kapasitas mesin 19998 cc. Tenaga yang disemburkan ialah 137 HP dengan konfigurasi katup berupa DOHC. Transmisinya berupa automatis 5 kecepatan. Bensin sebanyak 1 liter bisa dihabiskan oleh jarak perjalanan sejauh 13.6 KM. Sayangnya, mobil ini tidak dilengkapi dengan immobilizer.

Interior dan Exterior Toyota Kijang Innova G A/T Gasoline

  1. Eksterior

Dari bagian depan, mobil ini memiliki grille dengan aksen silver. Dua buah aksen tersebut membentuk horisontal dengan tampilan yang tebal. Di bagan tengahnya terdapat logo Toyota Kijang. Grille menghubungkan dua lampu utama di masing-masing sisi. Lampu utama mobil ini menggunakan multi reflektor. Sedangkan sein dan foglamp terletak berdampingan di bagian bawah menggunakan bohlam.

Dari bagian samping, Innova G memiliki tampilan yang sederhana namun elegan. Di bagian bannya, mobil menggunakan Bridgestone dengan ukuran R16. Bodi depan terdapat emblem yang menandakan bahwa mobil menggunakan mesin dual VVT-i. Di bagian spion, terdapat lampu sein dari bohlam. Sayangnya, spion belum mengandalkan teknologi elektrik.

Di sisi belakang, mobil memiliki tampilan yang biasa tanpa hiasan krom yang biasanya ada pada Innova seri lainnya. Stop lamp masih berupa bohlam dengan bentuk trapesium dan ukurannya yang besar. Emblem di sisi kiri adalah Kijang 2.0G yang tidak ada pada Innova lainnya. Sensor parkir terdapat pada dua titik di bagian bawah mobil.

  1. Interior

Di bagian pintu, tampilan Innova G juga tak begitu mewah karena menjadi varian terbawah Kijang Innova. Trimnya masih menggunakan plastik keras dan didominasi warna hitam tanpa aksen krom atau glossy. Begitu juga handle pintunya, masih berwarna sama dengan trim. Beberapa tombol di pintu adalah pengaturan kunci dan juga jendela mobil, yang seluruhnya berada di sisi pengendara.

Di balik pengemudi, mobil sudah memiliki MID yang akan menampilkan animasi yang dikendalikan dengan satu tombol di palang stir. Dashboardnya secara keseluruhan menggunakan bahan plastik keras. Beberapa tuas terletak di samping stir, diantaranya pembuka bagasi dan pembuka tangki bensin.

Bagian tengah dashboard terdapat sistem audio yang cukup bagus, diantaranya adalah jam digital, panel layar sentuh, player dan radio. Tampilannya berupa iluminasi berwarna biru sehingga nampak elegan. Di sisi layar sentuh juga terdapat pilihan USB dan bluetooth. Di bagian bawah panel layar sentuh terdapat pengaturan arah AC dan kekuatan semburannya.

Innova G bertransmisi automatic ini memiliki 3 baris seat yang dapat memuat hingga 7 penumpang. Cover seat berwarna hitam dengan aksen coklat tua. Masing-masing seat memiliki sabuk pengaman yang bisa diatur ketinggiannya dan headrest untuk pelindung kepala. Khusus pengemudi, ada arm-rest yang membantu menopang lengan saat lelah.

Bagian kabin mobil juga lega. Meskipun tidak dilengkapi dengan lampu di bagian depannya, penumpang dewasa akan merasa nyaman selama perjalanan. Begitu juga ruang kaki para penumpang yang tidak sempit, kecuali di baris ketiga. Bagian belakangnya terdapat bagasi yang ukurannya bisa menampung hingga 3 tas berukuran besar.

Harga Toyota Kijang Innova G A/T Gasoline

Harga untuk mendapatkan mobil Toyota Kijang Innova G A/T Gasoline ini adalah Rp 328.650.000. Untuk kelas MPV yang masuk di segmen low, tentunya harga tersebut cukup mahal. Harga transmisi automatis lebih mahal sekitar 20 jutaan dibandingkan dengan tranmisi manual.

Beberapa pertimbangan yang bisa anda pikirkan sebelum membeli mobil ini ialah fitur keamananya. Meskipun penumpang mendapatkan sabuk pengaman, headrest dan juga 3 airbag, sayangnya mobil tidak memiliki fitur immobilizer. Itu sebabnya, mobil masih rawan pencurian. Eksterior juga masih tampil biasa tanpa dekorasi krom yang biasanya membuat mobil tampil elegan. Untuk sewa Toyota Kijang Innova, anda bisa mendapatkannya diberbagai rental mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *